RSS
 

Agama Khonghucu

03 Aug

Banyak orang yang masih belum tahu kalau sekarang Khonghucu sudah diakui sebagai agama di Indonesia. Khonghucu, sejauh yang telah saya pelajari dari buku atau sumber referensi lainnya berasal dari ajaran Confucianism, yang awalnya diajarkan oleh Confusius atau Kong Fu-Tze atau Kong Futzu (literally artinya Guru Kong). Walaupun berasal dari sumber yang sama dengan ajaran Confucianism di negara lain, ajaran Khonghucu di Indonesia mengalami sedikit perubahan, hal ini (saya pikir) dikarenakan adanya tuntutan untuk memenuhi kualifikasi sebagai suatu bentuk agama di Indonesia.

Definisi Agama menurut ajaran Khonghucu, berdasarkan kitab Zhong Yong agama adalah bimbingan hidup karunia Tian/Tuhan Yang Maha Esa (Tian Shi) agar manusia mampu membina diri hidup didalam Dao atau Jalan Suci, yakni “hidup menegakkan Firman Tian yang mewujud sebagai Watak Sejati, hakikat kemanusiaan”. Hidup beragama berarti hidup beriman kepada Tian dan lurus satya menegakkan firmanNya. Seperti layaknya agama lain, dasar ajaran agama Khonghucu sangat baik happy

Sishu Wujing ditetapkan sebagai kitab suci agama Khonghucu, yang awalnya merupakan dua kitab yang terpisah, kitab Shishu dan kitab Wujing. Sebenarnya, selain kedua kitab itu masih ada satu kitab lainnya yaitu kitab Xiao Jin, tapi entah kenapa kitab yang terakhir ini tidak begitu populer. Hari raya umat Khonghucu di Indonesia adalah Imlek, sebagian orang menyebutnya “Tahun Baru Cina”, selain itu mereka memiliki beberapa hari besar yaitu hari lahir dan wafatnya Konfusius, hari genta rohani, Chingming, Qing Di Gong dan beberapa lainnya.

Tempat ibadah umat Khonghucu adalah Litang, tapi karena di Indonesia tidak banyak Litang yang bisa ditemukan (saya bahkan belum pernah sekalipun melihat Litang) maka kebanyakan umat Khonghucu menjadikan Kelenteng sebagai tempat ibadah mereka. Nabi mereka, tentu saja, Konfusius, orang yang mendirikan dan menyebarkan ajaran yang hingga kini disebut sebagai Confucianism yang awalnya lebih merupakan sebuah ajaran filsafat daripada agama. Selain itu, Konfusius juga yang membuat kalender Imlek, hasil penataan ulang penanggalan Dinasty Xia sekitar tahun 2200 sebelum masehi.

 
8 Comments

Posted in Info, Religion

 

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

 

 
  1. Peggy

    August 20, 2014 at 10:03 AM

    memang Litang tidak banyak d indonesia… saya tinggal di bengkulu tetapi cuma ada Kelenteng, sedangkan dlu waktu saya di bogor bnyak skali Litang, saya sngat mengharapkan di bengkulu ada Litang…

     
  2. thisna

    November 26, 2012 at 9:22 PM

    bagaimana sejarahnya muncul agama konghuncu ? dan apa yang menyebabkan kitab suci konghuncu terpisah-pisahkan ?

     
  3. niken

    July 26, 2012 at 2:07 PM

    kalo mau beli kitabnya kira kira dimana ya

     
  4. Hana Abriyansyah

    November 18, 2011 at 10:47 PM

    @Rudy : Saya sebenarnya bukan penganut agama khonghucu, tapi saya sering datang ke kelenteng dan sedikit banyak ngobrol dengan biksu disana. Jika anda memang serius untuk menganut agama khonghucu, ada baiknya datang kesana dan bicara dengan mereka agar lebih jelas. Karena terus terang, jika pertanyaannya sudah menjurus spesifik, itu sudah diluar kapabilitas saya.

     
  5. Rudy

    November 18, 2011 at 11:16 AM

    Kitab suci agama Khonghucu dalam bentuk buku harus dipromosikan dan dipasarkan (Jangan lewat internet).Karena Saya melihat banyak masyarakat luas yang membutuhkannya. Karena selaku subjek yang mencari-carinya Saya mengalami kesulitan sekali.

    Agama Saya Buddha. Tetapi Saya mau pindah ke/memeluk agama Khonghucu. Bagaimana caranya ?

    Terima kasih

     
  6. weri

    December 1, 2010 at 1:03 PM

    Nabi bersabda, “Aku tidak menciptakan, tetapi hanya meneruskan”

     
  7. Hana Abriyansyah

    August 7, 2010 at 2:35 PM

    Gus Dur emang revolusioner! Plugin udah gw matiin sebagian, baru nyadar klo blog gw lambat big grin

     
  8. Ronsen

    August 7, 2010 at 8:57 AM

    Semakin banyak agama, semakin banyak hari libur. Yeah!!!

    btw, wordpressnya jangan kebanyakan plugins, na. berat jadinya. banyak yg diload tapi sepertinya gak penting banget dipake.