RSS
 

Archive for the ‘Health’ Category

Klasifikasi IQ

27 Jun

Klasifikasi IQ berbeda untuk setiap metode test yang digunakan. Stanford-Binet mengklasifikasikan nilai IQ normal yang berkisar diantara 85 – 115. Lewis Terman mengklasifikasikan nilai IQ normal pada kisaran 90 – 109. Lebih jauh lagi, Wechsler mengklasifikasikan IQ normal pada angka 100 dengan nilai toleransi 15 (berarti 85 – 115). Dikarenakan perbedaan ini, maka selain nilai IQ yang didapat, harus diperhatikan pula metode test apa yang digunakan.

Untuk klasifikasi umum, saat kita tidak mengetahui metode apa yang digunakan. Bisa menggunakan klasifikasi dibawah ini (hasil kompromi ketiga metode diatas).

  • 70 – 79 : Tingkat IQ rendah atau keterbelakangan mental.
  • 80 – 90 : Tingkat IQ rendah yang masih dalam kategori normal (Dull Normal)
  • 91 – 110 : Tingkat IQ normal atau rata-rata
  • 111 – 120 : Tingkat IQ tinggi dalam kategori normal (Bright Normal)
  • 120 – 130 : Tingkat IQ superior
  • 131 atau lebih : Tingkat IQ sangat superior atau jenius.
 
87 Comments

Posted in Health, Info

 

Perbedaan Vegan dan Vegetarian

24 Jun

Perbedaan paling besar antara vegan dan vegetarian pada hal makanan adalah, vegan benar benar ketat dalam memilih makanan. Beberapa makanan yang “terbuka” untuk vegetarian mungkin tidak untuk vegan. Vegan benar benar menghindari semua jenis makanan yang berhubungan dengan hewan secara umum (general).

Dalam hal kebiasaan, ada sebagian kalangan vegan yang bahkan menghindari hal lain selain makanan yang berhubungan dengan hewan. Misalnya menghindari penggunaan produk kosmetik yang menggunakan hewan sebagai bahan percobaan dalam pembuatannya, dan juga menghindari penggunaan pakaian yang berasal dari kulit hewan. Dari hal ini bisa terlihat, vegetarian hanya terfokus pada makanan, sedang vegan lebih pada gaya hidup secara luas.

Vegetarian terbagi dalam 4 kelompok. Yang pertama Pure Vegetarian, mereka tidak mengkonsumsi semua jenis makanan yang berasal dari hewan, daging, telur bahkan susu. Yang kedua, Lacto Vegetarian. Vegetarian jenis ini tidak mengkonsumsi daging dan telur, tapi tetap mengkonsumsi susu. Yang ketiga, Ovo Vegetarian. Kebalikan dari Lacto Vegetarian, vegetarian jenis ini tidak mengkonsumsi daging dan susu, tapi tetap mengkonsumsi telur. Yang keempat Lacto-Ovo Vegetarian. Vegetarian jenis ini hanya tidak mengkonsumsi daging, tapi tetap mengkonsumsi telur dan susu.

Sebetulnya ada satu kelompok lain, yaitu Semi Vegetarian. Kelompok ini tidak mengkonsumsi “daging merah” (seperti sapi, kambing dll) tapi tetap mengkonsumsi “daging putih” seperti ikan dan udang. Selain itu, mereka juga tetap mengkonsumi telur dan susu. Tapi karena mereka tetap mengkonsumi daging, kelompok ini tidak diakui sebagai bagian dari vegetarian dan dikelompokan sama dengan orang lain yang non vegetarian.

[ad]

 
No Comments

Posted in Health, Info